Halaman

Selasa, 11 Desember 2007

MEMANDIKAN ANAK

Sejak anak berumur 2-3 tahun, sebaiknya kita mulai mengajari anak untuk mandi sendiri. Ya, mandi sendiri namun mandinya masih kita mandikan. Walah, kok mbulet gitu sih?

He he he............., nggak mbulet kok. Maksudku, kita masih memandikan, tetapi katakan ke anak bahwa dia saat itu mandi sendiri. Mama/Papanya hanya membantu. Mengapa harus begitu? Ya, karena di umur itu anak akan sangat bangga dan semangat untuk belajar jika kita menganggap mereka sudah mampu. Mereka merasa diakui eksistensinya, gitu bahasa kerennya.

Kita ajari cara mandi secara lengkap dan benar termasuk cara keramas dan sikat gigi. Pada umur ini, seringkali mereka akan susah keluar dari prosesi mandi. Maka kita harus membuat agenda sesudah mandi tidak kalah menariknya dengan acara mandi. Ini memang sangat personal tergantung anaknya. Misalnya anak yang suka mewarnai, maka sesudah mandi adalah mewarnai. Anak yang suka cerita, sesudah mandi kita akan bacakan cerita, anak yang suka keluar rumah, sesudah mandi adalah jalan-jalan di sekitar rumah, dsb.

Untuk anak yang sudah lebih besar umurnya (5-7 tahun) apabila sudah mulai diajarkan mandi pada usia 2-3 tahun, maka mereka sudah bisa dilepas untuk mandi sendiri. Biarkan anak mandi di kamar mandi akan tetapi pintu jangan ijinkan untuk mereka kunci dari dalam. Ini karena jika anak terkunci berbahaya dan akan memudahkan kita untuk memonitor mereka agar mandinya benar, bersih, dan tidak main air. Ha ha ha.......... ini sih berdasar pengalaman aja! Secara.........anaknya banyak sih!!

Sesudah mereka mandi periksa hasilnya dan beri mereka penilaian bagus berbentuk pujian jika memang bersih agar mereka bangga dan semangat. Jika ada yang kurang bersih, kritik dengan cara yang tidak menyakitkan hatinya, atau menyalahkan, apalagi menghina dengan mengatakan bahwa dia bodoh. Jangan ya Bu, Pak, kata-kata kita adalah do'a bagi mereka. So, katakan yang baik-baik saya.

Namun, paling tidak seminggu sekali tetap mandikan dia. Katakan kalau Ibu dan Bapak sangat ingin memandikan mereka karena kangen dan bukan karena agar lebih bersih.

Selamat mandiiiiiiiiiiii........cibang.........cibung...........

Tidak ada komentar: