Halaman

Selasa, 01 Januari 2008

WAKTU KITA = UANG KAGET

Masyarakat Indonesia tentu sudah pernah melihat tayangan yang dipandu seorang presenter ternama yang dijuluki raja quiz, Helmi Yahya, dengan title UANG KAGET.

Dalam acara tersebut, seseorang yang terpilih diberi uang sebesar Rp 10 juta dan dia harus membelanjakannya sesuai keinginan selama 30 menit. Ya, dia boleh belanja apa aja selama itu. Jika waktu habis, maka sisa uang akan diambil kembali. Yang menjadi milik pelaku hanyalah uang yang telah dibelanjakan.

Kalau kita lihat filosofi dari acara tersebut, maka pelaku memang harus memanfaatkan uang dan waktu yang terbatas dengan bijak. Jika tepat, maka dia akan menghabiskan seluruh uang dalam waktu yang ditentukan, untuk belanja barang yang memang dibutuhkan atau barang yang mudah dijual kembali tanpa menurunkan nilainya agar bisa dimanfaatkan untuk hal lain yang lebih perlu.

Namun, tidak jarang pelaku justru konsumtif. Membeli barang yang dia inginkan dan bukan yang dia perlukan. Padahal, secara ekonomi dia termasuk yang kekurangan.

Uang kaget itu, sama seperti waktu yang diberikan kepada kita dalam sehari. Ya, sehari kita diberi waktu 24 jam tidak kurang tidak lebih. Kita boleh menggunakan waktu tersebut sesuka kita.

Jika kita cukup bijak, maka kita akan “menghabiskan” waktu 24 jam dengan kegiatan yang bermanfaat. Jika kita tidak bijak, kita akan “menghabiskan” waktu 24 jam untuk membuat kerusakan, atau justru membiarkan waktu tersebut berlalu tanpa kita melakukan apapun selama itu.

Dan, jika hari berlalu maka waktu yang kita pakai tidak bisa ditukar lagi dan sisa waktu yang tidak kita pakai tetap akan diambil. Besok, kita diberi waktu baru lagi selama 24 jam. Ya, biarpun waktu hari ini hanya kita pakai sebagian atau malah tidak dipakai sama sekali, tetap besok kita hanuya diberi waktu 24 jam. Tidak ada akumulasi atas sisa waktu hari sebelumnya.

So, manfaatkan waktu hari ini dengan sebaik-baiknya. Jangan sia-siakan untuk hal yang tidak memberi manfaat positif. Atau jangan pula disia-siakan dengan membiarkan waktu berlalu begitu saja tanpa dimanfaatkan sama sekali.

Tidak ada komentar: