Halaman

Kamis, 31 Januari 2008

HAK DAN KEWAJIBAN

Demonstrasi, unjuk rasa, yang kadang sampai membuat kerusakan. "Katanya" sih mereka menuntut hak!! Mereka merasa hak-haknya telah dirampas!! Mereka merasa sudah benar sehingga harus demo, unjuk rasa, bahkan saking marahnya sampai merusak barang orang!!!???? Kenapa bukan barang mereka sendiri yang dirusak??

Setiap melihat orang berdemo, baik melihat di televisi maupun bertemu dengan mereka di jalan, saya hanya berfikir; "Apa benar mereka diambil haknya? Apa benar mereka didzalimi? Apakah mereka sudah melakukan kewajiban mereka yang sebenarnya hak orang lain?"

Terkadang.......atau malah sering, orang hanya melihat bahwa mereka tertindas, didzalimi, dirampas haknya, tanpa melihat apakah mereka sudah melakukan kewajibannya dengan baik. Padahal, kewajiban kita adalah hak orang lain. Jika kita belum melakukan kewajiban kita dengan baik, berarti kita sudah merampas hak orang lain. Sadarkah mereka akan hal itu, bahwa selama ini termasuk saat mereka demo apalagi merusak barang orang lain mereka sudah merampas hak orang lain?

Mengapa kita selalu saja sibuk menyalahkan orang lain? Selalu saja menuntut kewajiban orang lain? Bagaimana jika kita masing-masing mulai sekarang selalu sibuk memikirkan dan menunaikan kewajiban kita sehingga hak orang lain akan terbayar??!!

Jika saja tiap-tiap diri kita selalu melakukan hal itu (melakukan kewajiban kita), insya Allah tidak perlu ada lagi orang yang berdemo menuntut haknya karena semua hak akan terpenuhi dengan sendirinya jika setiap kewajiban ditunaikan dengan baik!!

Tidak ada komentar: