Halaman

Sabtu, 10 November 2007

COBAAN & HUKUMAN

Tsunami di Aceh, gempa Yogya, gunung meletus, luapan lumpur panas dari perut bumi, dll. Yah, bencana alam bertubi-tubi menimpa bangsa Indonesia. Belum lagi kemiskinan, penyakit, dll.

Cobaan ataukah hukuman dari Allah semua ini?
Banyak sekali saya dengar komentar berbagai pihak yang mengatakan bahwa ini cobaan. Apa iya ya?! Apa betul ya?! Saya yang tidak terlalu paham hukum agama jadi bingung.

Karena kalau menurut saya, semua itu adalah hukuman. Ya. HUKUMAN!! Mengapa? Ya karena kita sudah banyaaaak sekali melakukan kesalahan. Kita tidak mengikuti aturan Allah, kita tidak menjaga amanah Allah, kita bahkan tidak lagi mendengarkan kata hati nurani kita sendiri yang seringkali sudah berteriak kencang mengingatkan kita, menegur kita, memarahi kita, karena kita salah.

Kita memang sudah membunuh hati nurani kita sendiri. Kita banyak sekali melihat ketidak patuhan pada sunatullah, tetapi kita diam saja. Atau bahkan menyetujui atau mendukungnya. Kita memang sudah rusak.

Kita banyak berteriak kencang tentang ketidakjujuran, ketidakadilan, kemungkaran, dll. Tapi, sudahkah kita jujur? Sudahkah kita adil? Sudahkah kita lurus dalam bertindak? Atau masih membuat alasan pembenaran atas kesalahan kita dengan berkedok kelaziman? Ataukah kita akan mencari-cari alasan pembenaran yang kadang berupa ayat-ayat Allah? Atau alasan untuk kepentingan umat? Atau alasan-alasan lain? Hanya kita sendiri yang bisa menjawab dengan kejujuran hati nurani kita.

Masihkah kita menjaga hati nurani kita????

Tidak ada komentar: