Halaman

Jumat, 19 September 2008

ZAKAT.....PART 4

Uang simpanan, kalau disimpan di bawah bantal, ya malahan harus ditunaikan zakatnya atas seluruh uang itu diambil % nya. Hitungannya lihat ketentuan fiqihnya ya..... Naaah.....kalau uang itu disimpan di bank, yang sebenarnya ini mengalihkan dari "idlle" kalau disimpan di rumah ke sektor produktif. Karena uang yang disimpan di bank logikanya akan dipakai oleh orang lain berusaha dan menghasilkan. Makanya kalau uang disimpan di bank hanya dikenakan zakatnya atas "hasil" nya saja dikalikan % zakatnya.

Heiii......masuk akal dong! Dengan demikian, zakat akan memindahkan harta dari idlle ke produktif. Karena kalau idlle ya akan "habis" dengan system zakat ini, karena seluruh pokok akan dikenakan zakatnya. Sedangkan jika produktif hanya dikenakan zakat atas hasilnya saja. So, dengan zakat akan mengindarkan seseorang "menumpuk" hartanya tanpa memberi manfaat bagi perekonomian umat.

Aku pernah baca risalah zakat yang mengatakan uang simpanan dimanapun, termasuk deposito bank, harus dikenakan zakatnya dari seluruh pokok + hasilnya. Haaa..... masa sih?? Kayaknya nggak deh! Mana 10 % lagi! Kira-kira si penulis risalah itu jika punya deposito banyak mau nggak dipotong tiap tahun 10% dari pokok + hasilnya untuk bayar zakat?? He he he.....sepertinya belum tentu ya?

Kalau pendapatku sih, ya yang harus dizakati ya hasil dari deposito itu. Karena dia sudah merelakan uangnya dipakai orang lain untuk produktif, maka dia hanya harus membayar zakat atas hasil dari deposito tadi.

So, prinsipnya selalu sama. Kalau harta produktif hanya akan dikenakan zakat atas hasilnya, namun harta iddle harus ditunaikan zakatnya secara keseluruhan. Sehingga, diharapkan nantinya seluruh harta akan menjadi produktif, tidak ada cerintanya ada harta umat Islam yang iddle, numpuk tanpa memberi manfaat pada umat.

Coba......di dalam Islam, zakat contohnya, diajarkan bagaimana seharusnya kita selalu me "LEVERAGE" harta yang kita punya agar lebih memberi manfaat. Ilmu ini sudah diajarkan sejak rukun Islam turun. Wuih......hebatnya........

Tidak ada komentar: