Halaman

Minggu, 11 Januari 2009

BISNIS.............UNTUNG ???

Halllloooo.................... akhir weekend nih! Hayooo........... ngapain aja weekend ini? Semoga weekendnya menyenangkan, membahagiakan, membawa berkah.

Hmmmmm......... kali ini aku mau bicara tentang "untung - rugi". Walaaaah........ kok tumben amat? Iya! Karena sering aku menemui orang yang salah tentang arti dan maksud dari kata-kata balik modal, untung, dan rugi ini. He he he........... terlebih bagi yang nggak "Mengeluarkan Modal".

Gini nih!

Seringkali orang mengira, belum "balik modal" berarti orang yang mengeluarkan modal awal belum boleh menerima masukan apapun, malahan masih harus nombok uang lagi selama masa itu.

Sedangkan "untung" adalah jika orang yang mengeluarkan modal sudah menerima uang, meski hanya sedikit sekali, sangat jauuuuuh dari seluruh uang yang dia keluarkan.

Contohnya:

A mengeluarkan modal (uang) Rp 500 juta untuk modal suatu kegiatan. Balik modal dari kegiatan tersebut adalah 10 tahun.

Bagi orang yang nggak ngerti, maka A tidak akan menerima uang sama sekali selama 10 tahun tersebut. Malahan masih mungkin dan harus menambah lagi mengeluarkan uang selama 10 tahun. Naah......... setelah 10 tahun, barulah A boleh menerima uang masuk. Dan jika sudah menerima uang "lebih", meski masih sangaaaaat kecil dan jauuuuuh dari modal yang dikeluarkan, mereka sebut sudah "untung".

Waaaah............. ini SALAH BESAR !!!!

Yang bener, jika masa balik modal adalah 10 tahun, maka dari modal Rp 500 juta yang dikeluarkan tersebut, harusnya A menerima uang masuk setiap bulan sebesar Rp 500 juta dibagi 120 bulan = Rp 4.166.666,67 selama sepuluh tahun penuh.

Setelah 10 tahun dengan setiap bulan menerima uang masuk "bersih" sesudah dikurangi SELURUH biaya maupun pengeluaran lainnya, sebesar Rp 4.166.666,67, maka uang masuk pada bulan ke 121 barulah disebut "UNTUNG". Sedangkan uang masuk "bersih" setiap bulannya selama 120 bulan atau 10 tahun, barulah pengembalian modalnya.

So, jangan menganggap orang yang mengeluarkan modal sudah untung jika dia sudah mulai menerima uang hasil usahanya. Karena itu namanya "Belum Untung" sama sekali!!!!! Alias masih sangat rugi, sampai seluruh uangnya kembali, dan sesudah seluruh uang modalnya kembali dia masih menerima hasil usahanya, barulah dia "UNTUNG".

Intinya sih............ jangan suka menghitung dompet orang deh. Yang penting, kerjakan saja kewajiban dengan baik, amanah, dan bertanggungjawab.

Tidak ada komentar: