Halaman

Rabu, 23 Juli 2008

LANGSING ???

Suatu pagi, aku bertemu seorang kenalan lama. Bla.......... bla.............. bla................ ngobrol agak ngalor ngidul pun terjadi. Hmmm........ selayaknya teman yang sudah lama nggak ketemu deh! Namun aku agak risih juga jadinya, saat dia mengamatiku dari atas hingga bawah berulang-ulang. Jangan berprasangka dulu ya.....dia perempuan juga lho!

"Ibu kok masih langsing aja sih? Anak sudah 4, mana baru melahirkan terakhir belum 2 tahun. Gimana dietnya Bu? Ibu menyusui kan? Kok bisa menyusui full tetep diet? Lha saya yang belum menikah dan punya anak kok susah banget ngurusin badan"

Waduuuh.......aku dibombardir dengan pertanyaan bertubi-tubi seperti itu. Waaah.....waaah.......waaahhhhh........... padahal meskipun pertanyaannya banyak, jawabannya cuma satu dan sudah dia jawab sebagian. MENYUSUI !!!

Kali lain, saat ketemu dokter gigiku, dia juga tanya; "Mbak Dewi sudah pakai celana panjangnya yang dulu sebelum hamil? Bikin ngiri aja. Kok sudah langsing gini sih? Aku sih boro-boro. Malahan harus pakai yang lebih longgar nih."

Trus di suatu kantor, ada lagi teman yang bilang; "Aduuuuh.....Ibu badannya diapain sih? Kok sudah balik aja, langsing amat. Lha saya kok masih besar. Kan bayi kita seumuran? Lha saya baru anak pertama, kok kalah?"

Ha ha ha memang kami hamil dan melahirkan pada saat yang hampir bersamaan. Tapi mereka berdua berat badannya masih belum balik, masih "berisi". Dan.....aku tuh bukannya langsing juga. Ya tetep masih tersisa beberapa kilogram di tubuhku. But. memangnya kenapa sih? PD aja lagee..........

Hmmmmmm........ gimana ya, ini pertanyaan mudah, jawaban mudah, tapi mesti hati-hati menyampaikannya. Lha.....nanti orang bisa tersinggung. Kalau dibilang nyusui mesti full, ada yang bilang dia nyusui full tapi badan tetep besar. Kalau jaga makanan, ada yang bilang dia minum air putih aja jadi badan. He he he......masa sih Bu?? Kalau dijawab mesti aktif, ada yang mbantah kalau dia tuh super duper aktif tapi malah tambah ndut. Pokoke.......serba salah deh.

Padahal, menurutku sih dengan menyusui adalah salah satu "cara" untuk mengembalikan berat badan sekaligus kondisi tubuh Ibu secara keseluruhan. Lho iya, dengan menyusui, rahim juga akan lebih cepat dan tepat kembali ke kondisi yang seharusnya. Bahkan, seluruh sel-sel tubuh akan mengalami perbaikan, pembentukan, dan pembuangan yang rusak dengan lebih baik jika kita menyusui anak sesuai ajaran Al Qur'an..... 2 tahun tanpa susu tambahan. He he he ...... tapi niatnya nyusui untuk melaksanakan perintah Allah ya, jangan untuk diet. Kalau jadi langsing......ya itu bonusnya!!

Yang pasti, secara logika, kalori yang masuk harus seimbang dengan yang keluar. Lha menyusui itu membakar atau mengeluarkan banyak sekali kalori. Kalau nggak salah sih 1000. Kan lumayan tuh. Tapi makannya jangan "ngamuk" dengan alasan sedang menyusui. Karena sebenarnya dengan menyusui bukan berarti makannya harus 2 kali lipat dibanding saat tidak menyusui.

Makan sehat. Ini juga membantu kita untuk memanage berat badan kita lho. Aku yakin sangat jarang orang yang menerapkan pola makan sehat mengalami kelebihan berat badan. Ini juga bukan berarti nggak boleh makan makanan favoritnya lho. Semua itu boleh, asal tidak berlebihan. He he he.......sok ya??? Aku tuh suka coklat. Tapi nggak berarti makan coklat berlebihan kan? Ntar malah nggak nikmat. Gitcu lho maksudku.

So, nggak perlu diet-dietan, perawatan mahal, atau olah raga khusus, yakin deh..... langsing itu bukan mustahil bagi siapa saja.

Tidak ada komentar: