Halaman

Jumat, 19 Oktober 2007

RAMADHAN SEGERA BERAKHIR

Hari itu adalah hari terakhir puasa Ramadhan. Aku dan berlian-berlianku sedang bekerja bakti nyuci, nyapu, ngepel, siapin barang untuk mudik, dan masak tentu. Kami biasa masak ketupat ketan special yang gurih bersama. Ya, tentu special karena hasil karya kami bersama.

Sambil memasukkan beras ketan ke cangkang ketupat, kuajak berlian2ku diskusi. (biasa, memanfaatkan moment untuk belajar bersama).

“Menurut kalian, dengan berakhirnya puasa Ramadhan kita mesti seneng karena menang, atau gimana?” Aku memancing.

“Orang sih pada seneng Ma, katanya mereka merayakan hari kemenangan.”
“Emang apa mereka bener-bener menang sih?”
“Apa mereka kemaren puasanya betul-betul?”
“Padahal mereka mungkin seneng karena besok nggak puasa lagi lho Mas.”
“Adek aja sering lihat orang pada makan siang-siang di bulan Ramadhan.”
“Bener juga adek, Ma. Orang pada seneng besok boleh makan siang-siang.”
Itulah celoteh mereka yang sudah pasti jujur tentang masalah yang aku lempar.

“Iya, Mama harap, kalian tidak seperti itu. Harusnya berlalunya Ramadhan kita sedih. Coba bayangkan, bulan “bonus” dimana Allah janjikan segala hadiah besar dan indah akan berlalu. Padahal hari-hari kemarin selama sebulan itu kita belum tentu memanfaatkan bonus itu, besok sudah tutup. Kayak kalo kita main game, saat babak bonus kan keren tuh. Nah gimana rasanya babak bonusnya berakhir. Sedih nggak?”

“Iya Ma, adek sedih deh. Kemarin adek kan pernah bikin Mama sedih, Mas kesel, trus pas sakit juga pernah sahurnya sudah jam 7 pagi. Dapat bonus nggak ya?” Si ganteng terkecilku menjawab sambil kucek-kucek matanya. ( dia memang sensitif perasaannya)

“Hayoo, adek nangis ya?”
“Nggak kok, ini kelilipan.”
Kembali mereka saling lempar komentar sambil bercanda.

Hmm.....aku yang langsung pura-pura ada perlu ke kamar padahal mau nangis, menyesal banyak hal yang masih salah, namun bahagia karena berlian2ku ”hebat”, dan perasaan lain yang aku juga tidak tahu kenapa nangis. Mungkin memang “gembeng” ya?!!

Tidak ada komentar: