Halaman

Kamis, 12 Juni 2008

SEKOLAH LAGI ???

Hai.....akhir-akhir ini temansku kuliah dulu, pada ngomongin tentang kuliah lagi. Yaaaa karena barusan ada yang lulus S3 dari UI. Pendapatnya sih macam-macam of course! Lha orangnya juga beda-beda to?! Latar belakangnya juga berbeda-beda.

Ada yang menganggap kuliah lagi tuh sayang, mahal! Mending buat tambah modal usaha. Ada yang pengen kuliah lagi, asal nantinya nambah juga incomenya.....jujur dia! Ada juga yang menganggap tingkat pendidikan itu menunjukkan status. Hmmm....... sah-sah aja ya berpendapat.

Lha aku sendiri?? Sebenarnya sih, pengen juga......belajar dengan mendapat pengakuan berupa graduation, sertifikat, ijazah, gelar, dan.....tambahan income!! Tapi kan belajar itu esensinya bukan untuk itu semua ya. Semua itu hanyalah "bonus" yang sebenarnya akan dengan sendirinya mengikuti kita jika kita memang belajar!! So, ya sudahlah....sementara ini, aku belajar aja!! Bukan cari ijazah, gelar, atau uang. Belajar itu harus selalu dilakukan selama kita masih bernafas! Itu prinsipku.

Naaah....mengenai status, hhh.....memang sekarang jaman "matrek", jaman "simbol", jaman "topeng". Jadi seringkali orang akan dihargai dari gelarnya, jabatannya, pakaiannya! Bukan dari kejujurannya, ke"pandaian"nya, atau hal lain yang lebih "PANTAS" dihargai. Ya nggak masalah, aku nggak dihargai karena nggak punya "gelar" seabreg, atau bukan "pejabat", atau "public figure", atau hal nggak begitu penting lain. Toh yang menghargai orang lain karena hal-hal tersebut berarti bukan orang yang bijak, bukan orang yang pandai, bukan orang yang open mind. He he he....rada picik kali ya, kurang "main". Huaaaa haaa haaaa......jangan sewot donk!! Naaah......So whats gitcu loh!!!

Karena aku sekarang kok justru lagi concern untuk memikirkan sekolah "berlian" ku. Hei.....sebentar lagi anakku yang pertama mau kuliah lho!! Sekarang sudah mau kelas 2 SMA. Ya dari sekarang aku sebagai mamanya sudah mulai memikirkan, merencanakan, menyiapkan, terutama BIAYA!! Makanya, waktu, tenaga, pikiran, dan biaya sedang difokuskan ke mereka!!

Memang sih, aku tuh type yang berfikir jauuuuh ke depan. Eh....bukan muji ndiri lho, tapi memang gitu. Lha sebelum berfikir akan menikah, aku sudah koleksi buku n kaset anak-anak yang akan aku pakai untuk mendidik anak-anakku kelak kalau sudah punya anak. Naahh....sejak lahir, anak-anakku sudah aku tabungin biaya sekolah, dalam hal ini kuliah. Weeee....ternyata itu saja masih belum cukup. Lha biaya kan "lari" nggak kekejar sama tabunganku untuk mereka. Padahal, aku menabungnya dalam bentuk investasi lho!! So, sekarang aku harus mulai "menambah" tabungan kuliah mereka, terutama sulungku yang 2 tahun lagi kuliah.

Juga cari informasi tentang kuliah yang menjadi impian berlianku. Yah.... gitu deh... jadi jalan-jalan, cari tahu, tanya-tanya, baca-baca, surfing internet, dll. Pokoke fokus kuliahnya untuk anak dulu. Mamanya, belajar di luar jalur formal dulu aja.....tapi tetep HARUS BELAJAR!! Lha jadi IBU harus selalu meng "UPGRADE" diri, jadi IBU harus pinter, selalu UP TO DATE. Setuju?????

Tidak ada komentar: