Halaman

Selasa, 17 Juni 2008

0000.0000 CARSEAT

Ya, carseat!

Memang di Indonesia belum ada aturan tentang ini. Akibatnya? Ya seenaknya mereka menaruh anaknya jika bermobil. Sebenarnya sih, menurutku berbahaya juga ya. Lha kalau nggak terikat aman, saat mobil di rem apalagi jika ndadak, anak bisa "terlempar" atau "njlungup". Ini bisa fatal lho akibatnya.

Aku biasa mendudukkan anakku di carseatnya sejak mereka bayi. Ini karena sejak mereka bayi, aku harus beraktivitas seperti biasa. Dan aku selalu memberi ASI secara langsung (bukan diperah) kepada bayiku hingga mereka berumur 2 tahun. So, aku harus bawa mereka kemanapun aku pergi.

Namun, karena tidak adanya aturan wajib carseat untuk bayi, atau karena aku juga nggak disiplin, maka sejak mereka bisa jalan (umur 10-11 bulan) sudah susah sekali mendudukkan mereka di carseatnya. Mereka akan melepas seatbeltnya dan keluar dari carseatnya, kemudian merekapun akan "keliling" mobil. Lha ini bahaya juga lho! Wuiiihh.....jadi repot kalau pergi berdua saja, n....... bahaya juga kan kalau aku was-was dengan keselamatan babyku.

Nah, saat aku ajak ke eropa, otomatis dia biasa lagi ber-seatbelt ria di carseatnya. Secara, di sana semua negara mewajibkan baby duduk di carseat saat bermobil. Yaaaa.......tapi waktu baru sampai airport, dijemput Omnya naik mobil, waah...."berantem" dulu biar dia mau duduk manis di carseat. Itu juga sepanjang jalan terdengar "nyanyian" merdu protesnya babyku. Lha karena memang nggak boleh lepas, lama-lama nurut juga n menikmati aja. Malah, kalau mau pergi naik mobil, dia sudah tahu harus duduk di mana. Makanya saat Opa ngajak keliling Rotherdam, dia sudah enjoy. Nggak ada lagi protes karena "diikat" di carseat.

Waduuuuuhhh.........kok sekarang dia nggak mau duduk di carseat lagi ya? Berarti, bayipun akan taat jika "dipaksa" oleh aturan. So, kenapa kita nggak FIRM dengan aturan kita (yang baik) sejak mereka sangat kecil, sehingga akan menjadi k"habit" lalu akan menjadi "attitude". Naaahh.....saat mereka dewasa, mereka sudah mempunyai attitude yang baik.

Tidak ada komentar: