Halaman

Kamis, 26 Juni 2008

Jadi Ibu Mesti Pinter 2 (Masih ASI & Obat)

Vaniaku flu! Sepertinya sih........semoga....... hanya common cold. Hm..... bayi juga bisa terserang virus yang satu ini to?? Batuk, pilek, memang bukan penyakit. Hanya "warning" yang diberikan oleh tubuh, bahwa ada sesuatu yang tidak seharusnya ada sudah masuk ke tubuh. Ya.....virus tadi salah satunya.

Mengapa dia bisa masuk? Karena stamina sedang turun. So, untuk melawan virus jelek itu, stamina dinaikkan. Thats simple. Ha ha ha......... kenyataannya, bikin pusing juga lho! Apalagi kalau virus tadi "menyerang" buah hati yang masih bayi. Walaaaah..... repot, sebel, puyeng, malahan kadang sampai PANIK!! Ho ho ho ......... jangan yaaa!

Kita mesti tenang, biar bisa berfikir dan bertindak jernih, lurus, bijak. Sebenarnya, bayi itu sudah dibekali obat sangaaaat mujarab untuk mengatasi flu oleh penciptanya. Ya.............ASI!!! Cairan AJAIB yang disediakan khusus untuknya. Disamping itu, bayi juga diberi "ilmu" bahwa dia sangat memerlukan ASI tersebut saat sedang flu. Makanya, jika flu, bayi akan menuntut ASI lebih banyak, lama, dan sering dibanding biasanya. Jangan pada males ya nyusuinnya........

Panas?? Yaaa memang virus tuh matinya di suhu tertentu, makanya badan akan "melawan" virus dengan menaikkan suhunya. Virus tuh, katanya sih memang seneng di suhu rendah. SO, jangan langsung diberi obat turun panas kalau anak flu n panas. Kasih aja banyak minum, kalau bayi ya banyakin ASI nya.

Ke dokter?? Ya boleh aja donk. Siapa yang larang? Cuma, kita harus meluruskan niat. Ke dokter itu bukan mau beli obat lho!!! Apalagi untuk bayi sampai 6 bulan, sebaiknya JANGAN masuk selain ASI!! Termasuk obat!! Kecuali kasus or penyakit tertentu yang secara medis HARUS OBAT kali ya.......... Jadi, ke dokter tuh untuk diskusi, konsultasi tentang kondisi anak, penyakit, treatment bagi pasien, dsb. Sebagai pasien kita juga mesti harus kudu cerdas!!! Jangan langsung iya atas semua perintah dokter. Ya kan dokter juga manusia ......

Tidak ada komentar: