Halaman

Minggu, 20 April 2008

MENDIDIK ANAK "ALA RAJA # 5"

Bermain

Anak raja tetaplah anak! Dia pasti juga suka bermain. So, didiklah anakmu ala anak raja, namun dengan pola "bermain". Banyak hal yang bisa dilakukan dalam mendidik anak melalui bermain.

Disiplin melalui bermain? Bisa!! Bagaimana jika kita ajak anak bermain dalam rangka mendisiplinkan dia untuk bangun pagi? Kita harus membuat komitmen dengan anak sejak malam sebelum mereka tidur. Bahwa besok pagi akan ada permainan (bisa apa saja terserah kreatifitas anda) yang sebenarnya adalah membangunkan mereka pada jam tertentu. Merapikan segala sesuatu setelah digunakan.

Membantu orangtua dengan bermain? Lhaaa....ini sudah menjadi kebiasaanku mendidik berlianku saat mereka kecil. Sudah banyak posting tentang hal ini di blog ini. Malahan disamping sambil bermain, juga sambil belajar. Nyuci sambil main air sambil belajar fisika, masak sambil main dan belajar menghitung, warna, bentuk, dll. Ngepel sambil main seluncur. Dll.

Heii....sebenarnya terkadang aku juga menikmati "bermain" dengan mereka saat-saat itu. Ya, karena kalau tidak, pasti aku akan sangat sebel membayangkan akan bekerja dua kali lipat karena harus "membereskan hasil bantuan mereka". Secara, jika mereka membantu sebenarnya mereka justru menambah pekerjaan yang harus aku selesaikan. Tapi, membereskan berantakannya hasil kerja mereka saat masih kecil jauuuuuh lebih ringan dan menyenangkan daripada membereskan attitude mereka jika aku tidak mau bercapek ria saat mereka masih kecil.

Dan, masih banyak lagi mendidik yang harus kita lakukan terhadap anak-anak. Naaah, cara apa yang paling tepat agar keinginan kita (yang pasti sangat banyak) atas anak kita tercapai selain dengan melalui "berain"???

Dunia anak-anak adalah dunia bermain. Jadi, nggak ada cara lain selain mengajak mereka "BERMAIN".

Tidak ada komentar: