Halaman

Selasa, 05 Februari 2008

Memandu Anak Mengenal Dunia Maya

Kemajuan teknologi memungkinkan kemudahan dalam mengakses informasi. Kini anak bisa mengetahui dunia hanya melalui monitor komputer. Penggunaan internet untuk anak berpotensi mengembangkan kreativitasnya, namun juga membawa dampak negatif.

Kendati demikian, orangtua tak mungkin menjauhkan anak dari dunia maya. Hal ini sudah menjadi kebutuhan tersendiri bagi anak. Sebaiknya orangtua memandu anak untuk ’berlayar’ di dunia maya. Dengan mengembangkan sikap percaya pada anak, orangtua bisa menjelaskan potensi bahaya internet pada anak. Serta komunikasikan pada anak apa yang menjadi minat dan perhatian mereka dan Anda.

Melalui internet anak juga bisa menjalin pertemanan seluasnya. Salah satunya dengan membuat blog yang berisi jurnal harian atau diari online. Ada beberapa website yang menyediakan fasilitas blog ini secara gratis, antara lain dengan mengunjungi situs Myspace.com dan Live Journal. Melalui situs ini anak bisa mengkreasikan profil mereka dan menjalin pertemanan sesuai dengan pilihannya. Layaknya buku diari, anak bisa menaruh foto, menuliskan pendapat mereka agar bisa dibaca oleh orang lain.

Meski Anda sudah percaya pada anak, tetaplah waspada pada penggunaan internetnya. Kelemahan internet adalah informasi yang bisa didapat dan dimasukkan dengan bebas dan terbuka. Sehingga sangat mudah bagi anak mendapatkan informasi yang mungkin bermuatan negatif seperti kekerasan, pornografi dan sebagainya. Jangan meletakkan komputer dengan akses internet di dalam kamarnya. Namun taruh di area yang bisa Anda awasi.

Jika anak ”tergelincir” saat mengakses dunia cyber, orangtua jangan langsung menghakiminya. Ada baiknya Anda mengawasi penggunaan internet anak dengan memanfaatkan pelayanan pengamanan internet dengan mendownload program tersebut melalui internet, yang dinamakan situs monitoring system, seperti The Superhighway safety Pack, Becta, Parents’ guide to the internet, chatdanger.com, internet Watch Foundation.

Tak sekadar mengawasi, Orangtua perlu meluangkan waktu berinternet bersama anak. Temukan beberapa games edukatif atau bantu anak mengerjakan PR dengan mencari informasi melalui internet. Berikut beberapa situs edukatif untuk anak :

On-Lion : For Kids
Menyediakan jawaban pertanyaan PR anak, cara mengisi liburan, sejarah, biografi dan tempat-tempat terkenal.
www.funschool.com
Hiburan edukasi untuk anak usia prasekolah, TK, dan SD melalui aktivitas atau permainan.
www.funbrain.com
Website untuk anak dengan desain ilustrasi sederhana dan anak bisa mengakses permainan edukatif dengan mudah
www.nationalgeographic.com
Memberikan informasi seputar pengetahuan dan wawasan alam baik tumbuhan, hewan, kebudayaan dan sejarah.
www.sciencemadesimple.com
Mengajak anak menyukai dan mencintai dunia sains

Sumber: Sahabat Nestle

Tidak ada komentar: