Halaman

Senin, 24 November 2008

IBADAH HAJI

Hmm........saat ini memang sedang ramai orang membicarakan ibadah haji. Ada beberapa temanku mengabarkan keberangkatan mereka. Di milist STA'87 beberapa orang juga akan berangkat tahun ini. Di TV, liputan ibadah haji mulai disiarkan. Tak kalah, para artis yang berangkat haji juga ramai diberitakan.

Allahu Akbar! I miss that. Aku jadi sangat kangen untuk pergi ke sana juga. Aku jadi ingat Bapak, Ibu, juga suasana seluruh prosesi ibadah di tanah suci. Arafah...... begitu dalam kesanku akan tempat itu. Begitu indah kenangan itu. Ka'bah, Hijir Ismail, Masjid Nabawi, Gua Hira, .............. I wish I'll be there soon.

Tak terasa 5 tahun sudah berlalu. Ya, sudah 5 tahun lalu aku pergi ke sana untuk ibadah haji dengan pacarku tercinta. Perjalanan yang indah, meski aku harus banyak berkorban. He he he pacarku itu harus membantu Ibu-Ibu separuh baya yang pergi tanpa suaminya meski sebenarnya mereka pergi dengan adik laki-laki dan ipar perempuannya. Yah, nggak papa sih. toh aku masih muda, masih kuat, masih energik untuk mengurus diri sendiri. Narcist lagi??

"Waduuuh.....terima kasih ya Jeng, ternyata yang kemarin bantu saya, selalu menemani saya saat harus transit, itu suaminya Jeng Dewi ya? Baik banget Jeng sama suami itu, semoga berkah. Matur nuwun sanget....."

Begitu mereka menyampaikan terima kasihnya setelah tahu kalau yang menolong mereka adalah Pacarku tercinta. Lha......saat di Mekah n Madinah, mereka juga "jalan" sama aku. Mereka akan minta bareng ke Masjid, ziarah, atau bahkan saat mereka ingin belanjapun minta aku temani. He he he.......aku dimintain tolong nawar. Biarpun aku nggak bisa Bahasa Arab, tapi Bahasa Inggrisku ternyata cukup bisa dipakai untuk berkomunikasi di sana.

Tapi......Alhamdulillah, aku tetep bisa berduaan dengan Pacarku selama menjalani ibadah haji kami. Secara, kami kan "tukang jalan". Mana mungkin kami akan lewatkan kesempatan mengeksplore seluruh penjuru tanah suci yang bisa kami telusuri.

Ke Masjid? Waaaah.......nyaris setiap saat kami akan melakukan thawaf. Dini hari sebelum fajar, saat subuh, setelah sarapan, duha, dzuhur, ashar, magrib, isya', bahkan tengah malam pun kami akan melangkahkan kaki ke sana. Letak hotel kami yang dekat memang memudahkan kami dengan hanya berjalan kaki beberapa menit. Lagian, kami merasa sayang banget kalau kesempatan "mewah" tersebut kami sia-siakan. Tidur? Wah....sebenarnya sangat minim mengingat kami "pelit" banget terlelap kecuali merasa perlu alias badan memang perlu istirahat. Belanja ke pasar seng? Bahkan sampai sekarang kami nggak tahu mana yang namanya "pasar seng" yang begitu ngetop di kalangan jamaah haji Indonesia.

Ziarah ke tempat-tempat yang tidak diprogramkan oleh penyelenggara juga kami lakukan. Termasuk ke makan Bapak di Ma'la. Ya, Bapak dipanggil Allah setahun sebelumnya saat selesai melempar jumrah. Semoga Bapak wafat dalam kasihNya, Khusnul Khatimah, karena persis setelah prosesi haji selesai Beliau laksanakan. Amiiiin....

Entah kenapa, saat di Mekkah, hampir setiap selesai shalat lima waktu aku mendapati orang yang sudah tua yang minta pertolonganku karena tersesat. Beberapa dari mereka nggak bisa berbahasa Indonesia, Inggris, ....... repot juga aku menolongnya. Beruntung, Pacarku selalu setia menemaniku menolong mereka. Bahagia banget jika berhasil menolong mereka meski akhirnya kami kehabisan makanan di hotel!

Bahkan, kami juga mengeksplore dengan berjalan kaki berduaan, bergandengan tangan, menempuh jarak berkilometer. Ha ha ha..........dasar tukang jalan. Berbagai pelosok Mekkah, Madinah, Azijiah, kami coba telusuri berdua. Makan yang disediakan penyelenggara sering kami lewati karena belum sampai hotel saat waktu makan tiba. Alhamdulillah.....kami juga bukan tipe pemilih. So, makanan Arab dengan lancarnya masuk ke perut kami. Tapi......tetep aja pulang dari sana aku yang sudah mungil kehilangan 4 kg berat badan. Lha.......makin ungil deh! Tapi......hanya kami berdua yang tidak sakit dari seluruh rombongan kami. So......makan banyak menjadi agendaku sesampainya di tanah air tercinta. Ha ha ha.......alesan!! Emang doyan makan aja!!

Hmmm..........kenangan indah itu takkan terlupakan. Semoga aku bisa ke sana lagi untuk beribadah haji lagi.........berdua dengan Pacarku tercinta. Kapan ya cintaku??? Pleaseee..............

Tidak ada komentar: