Halaman

Sabtu, 14 Maret 2009

MAU ANAK JADI HEBAT? SUPER?

Waduuuh.......... banyak banget tawaran untuk meng up grade anak agar menjadi hebat, cerdas, super, juara, dsb.......... dsb............. dengan berbagai cara dan treatment tertentu.

Tak ketinggalan metode dan tiori berbau bahasa asing, barat, maupun tradisional digunakan dalam upayanya itu. Tentu saja semua diiringi iming-iming hasil memuaskan dan dipersilahkan merogoh koceknya dalam-dalam.

ESQ, Hypnotheraphy, Quantum.....something, Jarimatika, sempoa, dsb........ dsb......

Hhhhhhhh.......... dasar jamannya instant! Segalanya maunya instant. Bahkan sampai masalah anak pun maunya yang instant. Ikut pelatihan, lalu semua beres!

Anak sekarang, setelah sekolah dari pagi sampai sore, lalu berbagai kursus dan pelatihan. Bahkan saat liburan pun mereka diikutkan kegiatan serupa yang "katanya" membangun mental juara atau apapun istilahnya.

Yang aku bertanya-tanya, sebenarnya orangtua menginginkan segala macam pelatihan, teraphy, kursus, atau apapun itu namanya untuk apa sih? Apa biar anaknya menjadi semakin bahagia atau biar orangtuanya bangga? Atau........... biar orangtuanya dianggap sukses mendidik anak meski mereka sibuk berkarir?

Mengapa para orangtua tidak berpikir jika sebenarnya yang diperlukan oleh anak adalah perhatian orangtuanya, bermain bersama orangtuanya, belajar dan tumbuh bersama bimbingan orangtuanya, berbahagia dalam kebersamaan dengan orangtuanya?

Tidakkah orangtua sadar jika semua kursus, pelatihan, dsb itu hanyalah akan membangun keberhasilan semu? Tidakkah mereka sadar jika anak tetaplah memerlukan dekapan, kasih sayang, bimbingan, dan contoh dari orangtuanya sendiri dalam kesehariannya? Pribadi yang berbahagialah yang akan sukses menjalani hidup ini. Anak yang berbahagia dalam tumbuh kembangnyalah yang akan menjadi manusia seutuhnya.

Atau.............

Anak-anak pun sudah terbentuk seperti orangtuanya? Terbiasa dengan pencapaian semu!

Jangan kaget kalau nantinya negara akan menjadi negara semu karena diteruskan oleh generasi semu. Hopely........... berlianku akan sanggup menghadapi segala kesemuan dengan kebahagiaan sejati.

Tidak ada komentar: