Halaman

Jumat, 15 Mei 2009

PRINCESS SAKIT GINJAL ???

Sore-sore aku lagi asyik rapi-rapi kamar. Hhhhh........... biasaaa kalau semua berlianku tumplek blek di kamarku, alamat kamarku akan porak poranda. Malahan pernah tempat tidurnya ambrol........ bergulingan deh kami di lantai. Ha ha ha................ secara, berat badan mereka kan sudah lebih dari berat badanku. Kelas berat semua! Cuma Princess kecil aja yang masih belasan. Yang lain di atas setengah kuintal. Kalikan aja coba berapa total beban yang mesti ditanggung tempat tidur beruntung itu. Ya, beruntung karena dicintai berlian-berlianku. He he he...........

Kembali ke masalah sore ini, meski mereka bertanggungjawab merapikan kembali, tetep aja nggak sesuai harapanku. Standarku yang sebenarnya nggak tinggi-tinggi amat masih aja belum mereka capai. Maklum, ngrapiinnya terburu-buru. Mereka langsung "terbang" ke arena lain di rumah kami. Ya, berlianku jarang main ke luar rumah. Cukup sudah mereka berempat menjadi partner bermain yang asyik. Ditambah mamanya. Juga papanya jika ada di rumah. Rame deh!

Nah, saat aku asyik sendirian............ menghayati..................

"Mamaaa......... masa kata Mas Hafizh Adek nggak boleh minta minuman itu. Karena Adek sakit ginjal."
"Haaaa??? Maksudnya apaan cintaku?"
"Adek nggak boleh minum karena sakit ginjal."
"Gimana sayang, coba ceritanya pelan-pelan biar mama ngerti maksud Adek. Maaf ya Mama belum ngerti."
"Gini Maa.......... kata Emas, Adek sakit ginjal."

Waduuuuh...................kok makin dia jelasin aku makin kelaut gini? Mana mimik Princess makin serius dan lucuuuuu banget. Dia menjelaskan pelan-pelan seperti saat aku menjelaskan sesuatu kepadanya dan dia belum ngerti. Apa dia pikir Mamanya bodoh ya, nggak ngerti-ngerti? Ha ha ha...............

Tapii...................... di luar kamar aku mendengar cekikikan mas-masnya. Hm.......... mereka menertawai kami berdua, aku yang nggak ngerti-ngerti dan Princess yang mencoba menjelaskan dengan lucu tapi makin kelaut!

"Mas Hafiiiizh............... sini."

Hallah, langsung deh komandonya kumat. Dipanggil harus langsung menghadap. Penting. Urgent. Siaga satu. He he he...................... gaswat nih.

Sambil senyam senyum penuh arti, berlian sulungku datang.

"Iya Ma, ada apa?" Tanyanya santun saat menghadap komandan batalyon.............. Mama.

"Maksudnya Adekmu yang cantik imut nggemesin ini apaan sih? Mama bingung."

"Gini lho Ma, Adek kan minta soft drink. Saat aku larang dia marah. Ya aku jelasin aja kenapa nggak boleh. Kan dia masih kecil, soft drink itu bisa membahayakan ginjalnya. Nanti ginjalnya yang masih emprit itu bisa sakit. Getu."

"Emaaaaaassssssssssssss.........................."

Dia menjelaskan diakhiri ciuman mesra penuh kegemesan tapi curi-curi ke Princess. Makanya Vania marah besar sambil langsung ngejar Masnya yang sudah ngibrit duluan. Begitu dapet, langsung Masnya dia cubit.

Ha ha ha................ lucu banget mereka itu. Anak SMA yang masih aja becandaan sama anak 2 tahun. Dan....................... nyambung!! Dasar saling cinta saling sayang saling perhatian.

Akhirnya aku mengerti maksudnya. Daaan........... si Adek kecil untril pun bisa memahami larangan Masnya. Dia nggak lagi minta minuman yang dilarang Masnya karena diberi penjelasan logis kenapa dilarang.

Ya, aku membiasakan memberi penjelasan logis yang masuk akal cerdas mereka jika aku melarang atau tidak memberi sesuatu permintaan mereka. Dan itu aku biasakan sejak mereka kecil banget, masih bayi, belum bisa bicara.

He he he .................... karena aku yakin mereka sudah bisa mengerti meski belum bisa bicara. So saat bisa bicara (+/- usia setahun), mereka sudah bisa juga membalikkan dengan memberi alasan yang menurut mereka masuk akal jika aku suruh mereka mengerjakan sesuatu atau aku minta sesuatu dari mereka. Kapooook!!!!! Akhirnya aku mesti konsekuen dengan ajaranku. Kalau mereka mbantah dengan alasan yang masuk akal ya "terpaksa" aku terima. Dengan penuh kebanggaan sih, punya anak cerdas.

Sulungku pun melakukan hal yang sama ke Adeknya saat Princess minta soft drink. Memberi penjelasan logis yang masuk akal jika melarang. Good big brother.

Ya iyalah....................berlian gitu loh!!!

Tidak ada komentar: