Halaman

Rabu, 14 Oktober 2009

BAHASA INDONESIA DONK

Sekali lagi, kembali, aku menegaskan pernyataanku bahwa TV bukanlah benda "haram" di rumahku. Lha kan TV ada di mana-mana, kalau aku tidak menyediakannya di rumah pun tentu berlian-berlian indahku itu akan sangat gampang menemuinya. Malahan bukan mustahil mereka akan memperoleh tayangan TV di luar rumah yang pastinya di luar pantauanku aja! No no no............... aku nggak bisa seperti itu. Lagian, kalau kita bijak dalam menyikapi dan mengambil manfaatnya, why not? Coba pilih why atau not? Hehehe............

Hm............... dari nonton TV ini aja, kalau aku sih buanyaaaak banget yang sudah membuatku terkaget-kaget. Heiii................... ini kaget karena TV sudah membantuku mendidik berlian-berlianku. Banyak hal yang membuat berlianku berpendapat kritis karena menonton TV. Yang seringkali aku berfikir hal ini belum tentu akan aku dapatkan seandainya TV aku larang atau tidak aku sediakan di rumah.

Duluuuu............ saat jagoan gantengku masih kecil, mereka pernah membuat statement yang penuh dengan nuansa nasionalisme yang kental. Huahahahaaaa............... sampai sekarang kalau teringat hal itu aku masih tersenyum sendiri.

"Ma, bahasa Indonesia itu terkenal sekali ya."
"Kok????"
"Iya, coba aja Mama lihat di TV. Ada orang India yang menggunakan bahasa Indonesia. Trus juga orang Mexico. Malahan, Disney juga menggunakan bahasa Indonesia untuk film kartunnya. Hebat kan, bahasa Indonesia memang sangat terkenal di seluruh dunia?!"

Waduuuuh.................... ternyata yang dia maksud adalah penggunaan bahasa Indonesia sebagai "dubbing" dalam film-film tersebut. Ya sudah aku jelaskan bagaimana dubbing itu. Bahwa bukannya mereka menggunakan bahasa Indonesia secara langsung. Sekalian aja aku motivasi agar saat dia besar nanti bisa membuat bahasa Indonesia mendunia karena kehebatan rakyatnya sehingga membuat negara lain tertarik mempelajari dan menggunakan bahasa kita. Bahkan, mau tidak mau mereka HARUS belajar bahasa Indonesia jika mau maju, jika mau pinter, jika mau hebat, karena Indonesia memiliki anak-anak bangsa yang hebat, berlian-berlian indah yang pintar, santun, religius, berkarakter, disertai anugerah alam yang kaya raya, sehingga mampu mendominasi semua bidang kehidupan.

Lalu belum lama ini, saat berlian ganteng terkecilku yang berumur 10 tahun melihat VOA melaporkan suatu berita dari DC. Tentu saja dia orang Indonesia, namun menggunakan bahasa Inggris. Juga saat mewawancarai seorang warga Amerika, dia menggunakan bahasa Inggris.

"Ma, itu kan nanti di TV di Indonesia pasti disiarkan pakai text bahasa Indonesia terjemahannya ya? Trus Ma, kalau wartawan Amerika sedang ke Indonesia melaporkan suatu berita dan wawancarai warga Indonesia pakai bahasa apa?"
"Ya pakai bahasa Inggris cintaku."
"Hmm............... kok nggak adil ya Ma. Harusnya pakai bahasa Indonesia donk. Trus saat disiarkan di Amerika tetep bahasa Indonesia tetapi disertai text bahasa Inggris sebagai terjemahannya. Masa kita ngalah terus sih Ma? Nanti harus berlaku sama."

Hahaha...................... bangganya aku. Berlianku memang indah banget. Semoga makin indah dan membuat bangsaku bersinar di mata dunia. Semoga dia makin indah dan membuat bersinar Islam. Semoga Allah selalu ridho akan keindahannya. Semoga kilau mereka menyinari syurgaNya.

Tidak ada komentar: