Halaman

Rabu, 19 Oktober 2011

Princessku & Wisata Kuliner

Wisata kuliner. Hm......istilah yang dipopulerkan oleh Oom Bondan Winarno dalam acara yang dibawakannya di sebuah TV swasta ini sudah menjadi jargon bagi penikmat makanan, khususnya jajanan. Jika orang bepergian ke manapun biasanya tidak melupakan ritual wisata kuliner di tempat tujuan maupun di perjalanan jika melewati jalan darat. Saat-saat waktu makan tiba bisa dibuat bareng dengan mencicipi makanan khas daerah tersebut.

Sekarang ini ternyata yang namanya wisata kuliner tidak harus bersamaan dengan saat bepergian atau wisata beneran. Di kota sendiri, di daerahnya sendiri, pun orang sering melakukan wisata kuliner dalam arti mencoba berbagai makanan baru ataupun makanan lama di tempat yang belum pernah mereka datangi, atau bahkan ke tempat favorit mereka untuk menyantap makanan favorit mereka, yang berarti semua sudah dilakukan berulang kali.

Kemarin Princess 4,5 tahunku menyampaikan pendapatnya ke aku tentang kebiasaan baru yang dilakukan oleh sebagian masyarakat ini.

"Mama, kenapa sih di TV banyak acara makan?"
'Maksudnya apa sayang?'
"Ya itu Ma, setiap hari ada acara makan di mana, makan apa, gitu. Kan itu mereka brarti jajan. Kan jajan itu nggak baik Ma. Ntar pada sakit lho. Mereka harusnya makan di rumah aja. Masak sendiri kayak Mama gitu. Masa sih mereka malah ngajari anak-anak jajan? Kalo ada acara jajan-jajan gitu tiap hari kan bisa bikin anak-anak pengen. Trus mereka jadi suka jajan deh. Ya kan Ma?!"

Ups!! Mulut kecil itu bertutur runtut dan lugas sekali. Bahkan aku menjadi speechless. Gak ngerti mau ngomong apa karena semua yang dia katakan benar adanya. Dan selama ini aku tidak pernah menyampaikan seperti yang dia katakan itu. Malahan acara seperti itu adalah salah satu acara yang aku sukai.

Maluuuuuuu banget diriku. Bangga banget tapinya dengan pendapatnya yang cerdas, lugas, dan........................ bener!!!

Tidak ada komentar: