Halaman

Kamis, 11 Maret 2010

EGOIS......... HARUS !!!

Huh! Egois amat sih jadi orang.
Iih............. amit-amit deh, dasar egois!
Ampuuuun............ najis banget sih tingkahnya, egois!
Jadi orang jangan suka egois dong...........

Dan masih banyak lagi ungkapan tentang egois yang hampir semuanya bernada miring, sumbang, tidak nyaman didengar. E g o i s !!!

Padahal dalam banyak hal, sebenarnya kita memang egois. Bahkan memang harus egois, karena memang sesungguhnya kitalah yang perlu, butuh. Jadi jangan sekali-sekali mengatakan bahwa semua yang kita lakukan untuk orang lain. Apalagi untuk Allah.

Coba pikirkan lagi, apabila kita shalat apakah itu untuk Allah? Sama sekali bukan! Allah tidak membutuhkan shalat kita. Kitalah yang butuh shalat. Demikian juga jika kita berbuat baik, menjaga lidah dan hati, amanah, jujur, puasa, berdzikir, bahkan jika kita menolong orang lain, maka semuanya itu untuk kepentingan dan keuntungan kita. Bukan untuk orang lain apalagi untuk Allah. Karena Allah sama sekali tidak butuh semuanya itu kita lakukan dan tidak rugi jika semua itu kita tinggalkan. Kebesarannya, kekuasaannya, kehebatannya, keagungannya, ketinggiannya, segalanya tidak akan bertambah atau berkurang oleh apa yang kita lakukan atau tidak kita lakukan.

So,
Kenapa kita nggak egois aja? Shalat yg kusyu, rajin, wajib dan sunah, jujur, amanah, tidak menyakiti hati orang lain, bersyukur, bijak dalam bersikap, banyak menolong orang lain, yang semuanya itu sesungguhnya hanya untuk kepentingan kita, keuntungan kita, kebutuhan kita. Jika kita melakukan itu semua karena keegoisan kita, maka jika dikecewakan oleh orang yang kita tolong bukanlah masalah besar dan penting. Terserah orang yang kita tolong mau berterima kasih, cuek, atau bahkan menyakiti kita, itu urusan mereka sendiri, kerugian mereka sendiri. Karena niat dan perbuatan baik kita memang untuk kita sendiri dan sama sekali bukan untuk orang lain. Terserah mereka menanggapi dengan buruk atau malah menyakiti kita. Show must go on...............

Makanya, bagiku.................. egois is a must!!

Tidak ada komentar: