Halaman

Minggu, 08 Mei 2011

Ceriwiiiiisss...........

Semua anakku emang banyak ngomongnya. Maklum, sejak usia setahun mereka sudah bisa ngomong sekaligus sudah bisa jalan. Lari main bola malah (sendirian mainnya dan di dalam rumah tapinya). Hehehe...... kayaknya itu efek punya mama yang ceriwis. Sejak mereka di kandunganku memang selalu aku ajak bicara. Melakukan apapun aku selalu ceritain ke mereka. Shalat, makan, baca, jalan, istirahat, kecapekan, seneng, sedih, hahaha..................bahkan kadang curhat. Kalo nyanyi sih....... tiap harilah. Habisnya gak ada produser yang tertarik dengan warna suaraku, yang merdu ini hikcs..... jadi nyanyi-nyanyinya ya hanya jadi konsumsi pribadi dan dengan sangat terpaksa anakku yang masih di kandungan harus ikut menikmati suara emas mamanya. Weeeks.............

Setelah mereka lahir, ya tetep saja mereka harus tahan dengan seluruh keceriwisanku yang terus berlanjut. Memandikan, menyusui, menidurkan, semua sambil aku ajak bicara atau membaca atau nyanyi. Walaaaahh............. gini nih kalo mamanya gak laku rekaman. Hmm............ aku membuat syair-syair laguku sendiri sesuai dengan asupan materi didikan yang aku ingin berikan ke anakku. Termasuk jika aku membaca Al Qur'an meski terbata-bata karena memang aku parah banget kemampuan membaca Al Qur'annya, tetep saja aku lakukan di dekat bayiku, sambil ngurus bayiku. Dan........... jangan kaget ya, karena aku aja kaget banget bin malu, kalo itu efektif poll. Bayiku dulu sudah hafal beberapa surat pendek saat masih usia 2 tahun meski mamanya payah dalam membaca Al Qur'an.

Begitulah! Makanya usia setahun anak-anakku sudah bisa bahkan lumayan pintar berbicara. Inget banget dulu papanya pulang kantor terkaget-kaget karena saat pagi berangkat anaknya belum jelas bicara, tapi malamnya sudah bisa menyebutkan PINTU, LANTAI, BUKU, PAPA, dll. Hahaha.............welcome to my world Papaku.................. gitu kali pikir anakku yang terkekeh-kekeh dan semakin semangat menyebutkan berbagai nama barang ketika melihat wajah papanya yang kaget banget campur senang dan bangga.

Naaah.........efeknya, anak-anakku itu ceriwis banget, selalu nanya ini itu, selalu komentar, selalu dan selalu berbicara sambil menguntitku jika menanyakan sesuatu kepadaku. Hhhhh........... salahku sendiri ya?? Hehehe.....jangan salah, papanya juga kebagian diikuti sambil ditanya ini itu jika ada di rumah. Tapi anehnya mereka cenderung tidak banyak bicara di sekolah. Tahu-tahu nilai lumayan, tetep banyak teman, mewakili sekolah lomba ini itu termasuk pidato,baca puisi, dan bahasa Inggris, jadi ketua OSIS, dll. Lhaaaaa........kok kata gurunya gak banyak bicara ya??? Mungkin maksudnya cool kali? Hehehe...........

Alhamdulillah............ karena sering melihatku membaca buku di waktu senggangku, termasuk saat menemani mereka bermain, maka mereka cepat ingin bisa membaca (dengan cara yang ceriwis menanyakan tiap huruf yang ditemuinya), dan memang tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa membaca meski tanpa pernah belajar secara khusus dan tentu saja tanpa beban apalagi tekanan.

Hhhhh............pekerjaanku sedikit berkurang. Karena sudah bisa membaca, maka aku akan mengajak mereka mencarinya di buku jika mereka menanyakan ini itu ke aku. Berbagai buku dengan tampilan lucu, menarik, aku beli demi memuaskan rasa ingin tahu mereka. Apa ini apa itu, kamus bergambar, buku tentang binatang, tumbuhan, manusia, negara-negara, sampai buku pintar, globe, mikroskop, teleskop, dll menjadi koleksi mereka. Mending mamanya gak usah beli baju atau sepatu apalagi tas branded deh. Secara, anak-anakku jika ingin tahu juga suka mengamati benda kecil juga bintang di langit. Horeeee.......... penguntitku yang ceriwis sudah tidak terlalu merepotkanku dengan berbagai pertanyaan. Hahaha....... mamanya payah! Dan mereka tumbuh menjadi penggemar membaca, dan buku bacaannya pun lebih 'berat' dibanding anak-anak seusia mereka dengan materi sesuai kesukaan mereka masing-masing.

Karena sekarang sudah jaman internet, maka untuk anak-anakku yang lebih kecil sudah aku kenalkan juga dengan Oom Google jika mereka ingin mengetahui suatu hal. Asyiiik.......... mamanya tentu akan bisa selonjoran leyeh-leyeh hanya memantau mereka browsing sambil menikmati me time nya lebih banyak. Qiqiqiq............ *ngayal*

Lha, tapi ternyata aku keliru!! Dua berlian kecilku itu masih saja suka menguntitku setiap hari sambil bertanya ini itu tiada henti. "Ma....Mama punya uang Zimbabwe ga? Mama tahu kan kalo pecahannya gede banget?" "Ma......kenapa ...... Ma........apa sih .......bla bla bla...." Jika aku sarankan mereka untuk tanya ke Oom Google atau melihat ke buku pintar, mereka akan dengan gesitnya menjawab; "Nggak mau!! Mama itu lebih pinter dari google atau kamus manapun."

Gubraaaagggggg.......................... dasar ceriwis!!!

Tidak ada komentar: