Halaman

Selasa, 16 April 2013

Belajar Bisa Di Mana Aja...

Aku ingat waktu kecil pemalas banget. Saking malesnya, sejak baru mulai masuk SD aku sudah kerjakan semua soal di buku kelas 1. Lalu setelah selesai aku minta dibelikan buku kelas dua. Demikian jika aku merasa punya waktu kosong dan aku males melakukan hal lain maka aku minta dibelikan buku kelas-kelas berikutnya. Terutama matematika, sehingga aku terkesan, dianggap, dituduh, didakwa pinter padahal cuma karena sudah duluan ngerjain. Jd ya bisalah! Hehehe..... Sehingga setelah itu aku bisa seharian santai dan hanya melakukan hal yang aku suka entah itu membaca (buku cerita), latihan nari, atau berkelana di kebun dan sawah memenuhi keingintahuanku.

Hihihi.....aku dulu sok ilmuwan gitu. Setiap lihat sesuatu dan ingin tahu, maka aku akan mencaritahu meski harus berpanas-panas atau bangun dini hari. Aku juga akan melakukan percobaan seenaknya atas keingintahuanku. Misalnya saat mendapatkan ajaran tentang air liur anjing yang dikatakan najis, aku gak percaya gt aja, aku penasaran dan lalu 'memaksa' guru IPA ku untuk meneliti bersamaku. Juga hal lain, aku nyebelin banget deh kalau sudah mulai ingin tahu.

Eh....kemalasanku kadang mendapat respon salah. Masku yang saat aku masih piyik dia sudah kerja dan berbase camp di negara tetangga, juga yang kuliah di lain kota mengira aku sangat rajin karena kebetulan saat dia di rumah pas aku ngerjain buku pelajaran. Dia gak tahu waktuku nglayap jauh lebih banyak karenanya. Hehehe....pencitraan! Sampai sekarang dia masih ngira aku itu sangat rajin belajar. Biarin ajalah males aku jelasinnya. Padahal guru SMP ku pernah protes; "Kalau kamu jadi pelajar teladan gini, apanya yang bisa diteladani teman-temanmu? Wong kamu males banget." Hehehe.....maaf Pak, kan Bapak yang suruh saya mewakili sekolah, sebagai murid ya saya patuh, bapak ibu guru adalah orangtua saya di sekolah. Trus kalau saya menang dan dikirim ke tingkat propinsi kan bukan salah saya kan Pak? Begitu kira2 aku jawab. Iiiih....bandel banget gak sih aku! Lha kok mas Sudirman Said seniorku di kampus juga mengira aku rajin? Maaf mas kalau pencitraanku berhasil. Padahal aku dulu gak pernah nyatet di kelas karena aku nglungsuri catatan mbak Lisa, kakak kelas yang rajin banget dan bukunya komplit plit, yang teman mbak Susi.

Nah, sekarang si cantikku ternyata mirip denganku. Dia suka ngerjain soal saat dia mau. Bahkan sudah ngerjain untuk semester depannya saat semester awal baru dimulai. Tentu saja dia jadi banyak tanya karena memang belum pernah dijelasin gurunya. Dan dia sukanya nanya ke ayahnya. Suatu hari karena sebel digangguin terus, ayahnya penasaran dan lihat bukunya.

"Dek....ini kan buku semester depan. Kok sudah dikerjain? Lalu ngapain donk besok-besok adek ke sekolah?" tanya ayahnya heran.

"Papaa.......ya ke sekolah itu ketemu teman-teman." jawab princessku kalem sambil terus asyik ngerjain bukunya.

"Lho? Bukannya sekolah itu belajar? Kok ketemu teman-teman sih?" ayahnya makin sebel dan keki.

"Iiiiiih.....Papa ini, kalau sekolah emang buat main, ketemu teman. Kalau belajar ya bisa di mana aja, gak harus di sekolah." jawab si cantik tetep cuek, hanya raut mukanya aja yang nyengkureng gak setuju gitu.

Ayahnya gubrag diam seribu basa sambil gemeretuk gemessss.........


Tidak ada komentar: