Halaman

Kamis, 21 Oktober 2010

Melahirkan Bikin Perempuan Lebih "Cerdas"

NEW YORK, KOMPAS.com — Tak sedikit ibu-ibu muda yang baru melahirkan mengeluh stres dan merasa otaknya seakan menjadi "lemot". Padahal, riset menunjukkan bahwa melahirkan seorang bayi justru membuat perempuan menjadi lebih "cerdas".

Seperti yang terungkap dalam penelitian terbaru di Amerika Serikat, volume daerah abu-abu (grey matter) pada otak perempuan mengalami peningkatan beberapa pekan pascaproses persalinan. Menurut riset, perempuan yang paling intens dan sayang pada anaknya mengalami perkembangan paling menonjol pada daerah otak mereka.

Para ahli menduga, fenomena perubahan hormon pascapersalinan ikut memengaruhi mekanisme otak para wanita sehingga membuat mereka menjadi lebih siap menghadapi tantangan.

Temuan yang dipublikasikan oleh American Psychological Association ini bertolak belakang dengan kepercayaan selama ini bahwa menjadi seorang ibu justru menurunkan kemampuan otak kaum hawa.

Dalam risetnya, para ahli ilmu saraf di Universitas Yale melakukan pemindaian otak 19 perempuan yang baru dikaruniai anak. Pemindaian dilakukan selama beberapa pekan setelah proses persalinan.

Hasilnya menunjukkan, volume grey matter—daerah otak yang memproses informasi—meningkat secara signifikan dalam empat bulan setelah wanita menjadi seorang ibu. Perubahan seperti itu, kata peneliti, biasanya hanya terjadi setelah seseorang belajar secara intensif selama periode tertentu, atau ketika mengalami cedera otak atau saat sakit.

Daerah abu-abu adalah bagian otak yang mengaktifkan motivasi, penilaian, alasan, proses emosi, dan perasaan puas. Daerah ini juga merupakan kunci sukses dalam hubungan antara ibu dan anak.

Perluasan pada daerah "motivasi" di otak, kata peneliti, mendorong timbulnya pengasuhan seorang ibu sehingga bayi mereka bisa bertahan hidup dan berkembang baik secara fisik, emosional, dan kognitif.

Ibu yang memberi perhatian paling besar pada bayi mereka cenderung mengalami pertumbuhan terbesar pada daerah abu-abu, ungkap peneliti yang memublikasikan temuannya dalam jurnal Behavioral Neuroscience itu.

Para ahli belum dapat memastikan berapa besar perubahan otak tersebut yang diakibatkan peningkatan hormon seperti estrogen dan oksitosin saat wanita melahirkan. Demikian juga dengan berapa besar peningkatan itu menimbulkan perubahan hormon yang menyebabkan para ibu menyayangi bayi mereka.

******



Tahu nggak kenapa??? Ini pendapatku pribadi ya...............

Allah menganugerahkan kecerdasan lebih pada perempuan yang melahirkan, karena kami harus mengasuh dan mendidik milikNya. Itu pekerjaan yang sangat memerlukan kecerdasan yang sangat tinggi, sehingga IBU tersebut bisa berpikir, berkata, bersikap, dan bertindak bijak akan langkah selanjutnya dalam mengemban amanahNya tersebut.

Masih banyak perempuan tidak menyadari dan mensyukuri hal tersebut sehingga mengabaikan 'alarm' yang sudah Allah berikan: hormon yang menyebabkan ibu menyayangi bayi mereka. Dengan hormon itu seharusnya seorang ibu akan sangat ingin mengasuh dan mendidik anaknya tersebut sendiri. Rela mengorbankan apapun juga demi bisa melakukan hal tersebut.

Meski sayang seribu sayang, kenyataannya mereka bisa dengan gampang memilih untuk menyerahkan pengasuhan dan pendidikan bayi mereka kepada orang lain. Dan itu bukan salah si Ibu aja lho! Ayahnya, keluarga besar, masyarakat juga memang tidak mendukung jika ibu memilih mengasuh anaknya sendiri. Maka, berat sekali memang di jaman sekarang ini jika ibu memilih untuk mengasuh dan mendidik anaknya sendiri. Nyaris tanpa dukungan!!! Bahkan negara sebagai institusi yang berkepentingan atas tersedianya generasi penerus yang kompeten pun tidak peduli. Tidak ada dukungan sama sekali untuk ibu yang bersedia memfokuskan dirinya dalam penyiapan generasi. Sikap negara yang tidak bijak dan tidak bertanggungjawab. Padahal, anak adalah generasi penerus. Anak perlu diasuh dan dididik oleh orang yang cerdas, pintar, bijak, penuh cinta dan sayang, yang sesungguhnya sudah disiapkan Allah sebagai pendidik terbaik mereka, lengkap dengan 'tambahan' kecerdasan setelah melahirkan, pendidik terbaik buat anak bangsa, yaitu ..............seorang IBU.

2 komentar:

Admin mengatakan...

Artikelnya menarik & menambah wawasan. Btw, seperti yang di ulas pada buku "The Famale Brain" bahwa setiap manusia, awalnya terlahir ber-otak perempuan, bertranformasi menjadi otak laki laki setelah satu minggu kemudian. Tak salah jika kemudian perempuan begitu dimuliakan derajatnya.
oh ya, bagi temen-temen yang mau baca buku " The Famale Brain " bisa di download disini http://goo.gl/bI4LO atau di http://talasiah.blogspot.com

Unknown mengatakan...

waah....makasih tambahan infonya.